Skill dan Tanggung Jawab Seorang Data Scientist

Dunia bisnis semakin berkembang seiring dengan kemajuan teknologi. Hal ini sejalan dengan penggunaan data dalam bisnis yang semakin dibutuhkan. Inilah yang menjadikan banyak perusahaan membutuhkan seorang ahli data science. Sebenarnya, apa itu data science?

Data science merupakan sebuah kemampuan untuk melakukan pengolahan data yang bertujuan menciptakan strategi bisnis. Kemampuan ini disebut sebagai data scientist yang banyak dicari oleh perusahaan. Apakah anda tertarik menjadi seorang data scientist?

 

Pengertian Data Scientist

Data scientis ialah pekerjaan yang berhubungan dengan penggabungan nilmu komputer, statistik dan matematika. Tujuan pekerjaan ini ialah mengumpulkan, menafsirkan serta menganalisis kumpulan data besar.

Menjadi seorang data scientist memiliki tanggung jawab dalam mengumpulkan berbagai data dan informasi. Dengan adanya data scientist ini perusahaan akan mendapatkan sebuah solusi terbaik dan paling tepat untuk perkembangan usahanya.

Skill dan tanggung jawab data science

Tanggung Jawab Data Scientist

Apakah anda ingin menjadi seorang data scientist bagi sebuah perusahaan? Tentunya, profesi satu ini tidak lah mudah karena banyak tugas dan tanggung jawab yang harus dilakukan. Diantara tugas dan tanggung jawab data scientist adalah sebagai berikut:

  • Menganalisis data dalam jumlah besar untuk memperkirakan tren serta memberikan laporan dengan rekomendasi
  • Berkolaborasi dengan tim bisnis, teknik dan produk
  • Mengembangkan, mengimplementasikan dan memelihara database
  • Menghasilkan informasi & pandangan dari berbagai kumpulan data

Skill yang Dibutuhkan Data Scientist

Anda tertarik menjadi seorang data scientist? Sebaiknya ketahui terlebih dahulu skill atau kemampuan apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi seorang data scientist. Diantara skill tersebut meliputi kemampuan menganalisis data, kemampuan statistik dan pemrograman.

Selain itu juga diperlukan skill database, query (SQL) dan pengolahan data. Disamping pengetahuan akan teknis data, seorang data scientist juga diharuskan memiliki pemahaman mengenai bisnis.

 

Penutup

Itulah dia penjelasan seputar data scientist, mulai dari pengertian, tugas hingga skill yang dibutuhkan. Nah, jadi bagaimana? Apakah anda tertarik memperdalam skill agar bisa menjadi seorang data scientist?

Sumber tulisan : www.majapahit.id