More

Sebenarnya Apa Itu Tepung Porang? Simak Ini untuk Mengetahuinya!

By Admin Ext July 13, 2022 3 Min Read

Apa itu tepung porang? Akhir akhir ini memang tepung yang satu ini banyak diperbincangkan. Walaupun sebenarnya tanaman porang sendiri masih belum banyak dibudidayakan pada negara kita Indonesia. Jadi tanaman porang ini masih disebut sebagai tanaman liar karena banyak tumbuh di hutan, bahkan sampai ke lereng gunung yang tentunya tidak dirawat oleh manusia.

Jadi tepung porang ini merupakan salah satu pemanfaatan dari adanya tanaman porang khususnya pada bagian umbi. Hal tersebutlah yang membuat tepung porang ini menjadi bahan perbincangan. Proses pembuatan, kegunaan, sampai ke manfaatnya akan sama sama kita bahas pada artikel kali ini.

Untuk menambah pengetahuanmu sekaligus menjawab pertanyaan apa itu tepung porang, kamu dapat menyimak artikel kali ini sampai habis. Karena kamu akan mendapatkan jawabannya disini. Silahkan disimak sampai habis!

 

Tepung Porang

tepung porang

Tepung porang merupakan hasil olahan umbi dari tanaman porang yang biasa tumbuh di wilayah sub tropis dan tropis. Tanaman porang ini juga dapat dimanfaatkan dalam pembuatan lem, cat, bahkan sampai ke produk kosmetik. Dengan berbagai kegunaannya tersebut maka saat mengolah kita harus berhati hati.

 

Cara Membuat Tepung Porang

cara membuat tepung porang

Dalam pembuatannya tentu kita perlu memerlukan beberapa proses, berikut ini merupakan cara membuat tepung porang yang mungkin dapat juga kamu ikuti.

  1. Cara pertama kamu harus mencuci bersih umbi porang sampai dipastikan tidak ada tanah yang menempel pada umbi, serta kamu juga harus memastikan saat mencucinya kamu menggunakan sarung tangan atau sebagainya. Karena getah dari umbi porang dapat menimbulkan gatal.
  2. Jika sudah dipastikan bersih kamu dapat memotongnya dengan mesin perajang porang untuk menghasilkan potongan yang tipis dan sama rata.
  3. Selanjutnya potongan tersebut dapat kamu jemur sampai kering, karena cara berikutnya potongannya harus dimasukan pada mesin penepung supaya dapat dihaluskan.
  4. Jika sudah dipastikan halus sampai menjadi butiran tepung, kamu bisa mendetoksinasi tepung tersebut dengan cara memisahkan zat kotor yang ada dan kemudian membuangnya.
  5. Selanjutnya kamu masih harus membersihkannya lagi supaya kandungan oksalat atau kandungan yang dapat membuat kulit gatal hilang seluruhnya. Karena hal tersebut akan sangat berbahaya, jadi kamu harus membersihkannya dengan berulang.
  6. Kemudian setelah sudah dipastikan hilang, kamu harus melakukan quality control yang berguna untuk memastikan kualitas dari tepung porang yang telah jadi.
  7. Jika semua cara tadi sudah selesai, begitupun dengan quality control yang baik maka tepung porang sudah siap untuk dikemas dan didistribusikan.

Itu dia cara pembuatan tepung porang yang harus ekstra hati hati karena kandungan yang ada didalamnya dapat merugikan mengonsumsi. Biasanya tepung porang ini digunakan sebagai bahan tambahan yang dapat berguna untuk memberi tekstur kenyal serta lembut pada masakan atau adonan yang dibuat.

 

Kegunaan Tepung Porang

Pada pembahasan di atas sudah sedikit dijelaskan mengenai kegunaan dari tepung porang yang dapat memberikan tekstur kenyal, untuk penjelasan kegunaan tepung porang secara detail akan dibahas berikut ini.

  1. Memiliki kandungan glukomanan yang mudah larut pada air, sehingga bermanfaat untuk memenuhi serat pangan.
  2. Dengan adanya kandungan glukomanan tadi pada industri obat, porang biasa digunakan dalam pembuatan tablet dan juga kapsul.
  3. Kemampuan daya rekatnya terbilang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan tepung beras. Maka tepung porang ini biasa digunakan pada industri lem.
  4. Pada industri tekstil, tepung porang biasa digunakan untuk menggantikan tepung tapioka.
  5. Dengan kandungan indeks glikemik yang rendah, tepung porang akan aman jika dikonsumsi penderita diabetes.
  6. Kandungan glukomanan juga dapat mengurangi kolesterol serta dapat memberikan rasa kenyang yang tahan lama.

 

Manfaat Tepung Porang untuk Kesehatan

Kini kita akan sama sama membahas mengenai manfaat dari tepung porang. Yang mana beberapa juga sudah disebutkan pada kegunaan diatas.

1. Menjadi Sumber Pangan yang Sehat

Dapat seperti itu karena tepung porang memiliki kandungan glukomanan yang baik untuk tubuh serta memberikan kebutuhan yang cukup untuk serat pangan.

2. Mampu Menurunkan Kadar Gula Darah

Mengingat glukomanan dapat mengurangi kolesterol maka akan dapat juga menurunkan kadar gula darah. Karena glukomanan dapat meningkatkan penyerapan nutrisi pada usus kecil.

3. Dapat Mengatasi Sembelit

Hal ini juga terjadi karena kandungan glukomanan yang akan membantu mengatasi sembelit, karena glukomanan dapat membuka jalur serta memiliki frekuensi yang besar unruk buang air besar.

 

Penutup

Tanaman porang memang banyak kegunaan dan manfaatnya, tidak hanya untuk pembuatan tepung porang saja. Tetapi juga seperti apa yang sudah dijelaskan diatas. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuanmu dan semoga bermanfaat!

P
K