Posisi Tidur untuk Meredakan Nyeri Haid yang Ampuh

Bagi wanita setiap bulannya akan mengalami haid yang datang setiap rutin. Menstruasi setiap bulan tersebut bisa memberikan banyak peringatan pada tubuh. Seperti bagi yang mengalami masalah keterlambatan haid bisa jadi karena hamil atau mengalami masalah kesehatan. Sehingga bagi yang mengalami masalah haid tidak normal, bisa langsung untuk memeriksakannya ke dokter. Selain secara rutin, banyak wanita juga mengalami nyeri haid yang datang menjelang dan selama menstruasi. Biasanya nyeri haid tersebut akan masih bisa ditahan dan tetap melakukan kegiatan seperti biasa. Akan tetapi bagi yang mengalami nyeri haid yang berlebihan juga bisa menjadi pertanda dari kesehatan yang terganggu.

Saat mengalami nyeri haid tersebut ada banyak cara untuk mengatasinya. Termasuk juga menggunakan posisi tidur untuk meredakan nyeri haid yang dirasakan. Seperti beberapa posisi tidur yang bisa digunakan adalah seperti berikut ini.

posisi tidur untuk meredakan nyeri haid

•    Pertama adalah dengan memilih posisi tidur yang seperti janin. Posisi tersebut memang ampuh untuk membuat lebih nyaman, termasuk bagi yang mengalami nyeri haid. Posisi meringkuk seperti janin tersebut dapat membuat otot perut lebih rileks yang bagus untuk meredakan nyeri.

•    Posisi tidur dengan menaruh bantal di bawah lutut juga bisa digunakan untuk membuat nyeri berkurang. Tetapi pastikan bahwa tidak terlalu tinggi dan kaki tetap lurus agar membuat kualitas tidur lebih baik dan otot juga akan rileks.

•    Posisi tidur seperti anak atau child’s pose juga menjadi pilihan posisi yang bisa dipilih. Posisi ini dengan melipat ke depan dan kepala di kasur dan lututnya melengkung.

•    Posisi tidur telentang juga merupakan pilihan terbaik untuk meredakan rasa nyeri.

•    Terakhir tambahkan handuk hangat di perut sehingga membuat posisi tidur yang dipilih akan bisa efektif untuk mengurangi nyeri haid.

 

Di atas merupakan beberapa posisi tidur untuk meredakan nyeri haid yang dirasakan. Selain posisi tidur yang diatur, hal lainnya juga perlu untuk diperhatikan agar membuat bisa tidur dengan nyaman saat menstruasi. Seperti dengan minum air hangat seperti jahe dan teh chamomile yang bagus untuk membuat rasa nyeri berkurang dan meningkatkan kualitas tidur.