Perhatikan Cara Membuat Kopi Hijau untuk Diet Ini, Supaya Lebih Terasa Manfaatnya!

Cara membuat kopi hijau untuk diet saat ini banyak dicari oleh kaum muda mudi. Mengingat pada zaman ini penampilan lebih dilihat dan diperhatikan. Maka dari itu banyak sekali yang mencarinya lewat mesin pencarian di google.

Diet dapat dibilang gampang gampang susah, karena itu tergantung dengan bagaimana niat dan pola hidup yang kamu jalani. Makanan yang dikonsumsi untuk diet tidak hanya buah dan sayur saja, melainkan juga kopi hijau. Karena kopi hijau mengandung asam klorogenat yang bersifat antioksidan.

Pembahasan lengkap mengenai cara membuat kopi hijau dapat kamu simak di artikel ini!

 

Kopi Hijau

Kopi hijau atau green coffee sebenarnya adalah biji kopi mentah yang belum melewati tahap sangrai seperti kopi pada umumnya. Seperti yang sudah sedikit saya singgung diatas, kopi ini biasa dikonsumsi untuk diet.

Umumnya kopi hijau mengandung asam klorogenat yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan kopi biasa. Asam klorogenat ini bersifat antioksidan yang dapat menurunkan berat badan. Untuk pengolahan kopi hijau lebih lanjut dapat menggunakan mesin kopi. Dan untuk pengeringannya kamu dapat menggunakan mesin pengering kopi untuk mempermudah.

 

Kandungan Kopi Hijau yang Baik untuk Tubuh

Dengan fungsinya yang disebut sebut dapat untuk menurunkan berat badan, tentu saja kopi hijau ini mempunyai beberapa kandungan yang akan memberi manfaat baik untuk tubuh. Berikut ini merupakan kandungannya.

1. Kandungan Polifenol

Kandungan ini bersifat senyawa yang terdiri dari zat katekin, zat galokatekin, serta zat epikatekin galat yang dapat bermanfaat untuk mengatasi berbagai penyakit berat seperti jantung, kanker, dan lain sebagainya.

2. Kandungan Epigallocatechin Gallate

Kandungan ini juga bersifat senyawa yang memiliki fungsi untuk melindungi jaringan tubuh dengan melawan radikal bebas, sehingga dapat membantu pembakaran lemak.

3. Vitamin

Selain dua kandungan diatas, kopi hijau juga memiliki kandungan vitamin. Seperti vitamin b, vitamin c, dan vitamin e yang dapat berfungsi untuk melindungi kesehatan kulit, meningkatkan kekebalan tubuh, serta menjaga syaraf.

 

Cara Membuat Kopi Hijau

cara membuat kopi hijau

Setelah tadi kita membahas mengenai kopi hijau dan mengetahui kandungan dari kopi hijau. Sekarang kita akan sama sama membahas mengenai cara membuat kopi hijau untuk diet.

  1. Siapkan biji kopi hijau mentah yang sudah kering.
  2. Kemudian cuci bersih biji kopi hijau dengan hati hati.
  3. Jika sudah rebus biji kopi hijau dengan perbandigan 1:3.
  4. Pastikanlah rebusanmu matang dan mendidih.
  5. Setelah mendidih, kecilkan sumbu api sambil diaduk, lalu tunggu sekitar 12 menit.
  6. Saring air yang didaoat dari rebusan kopi hijau.
  7. Supaya mendapatkan rasa dan khasiat yang ekstra, kamu dapat menambahkan madu.
  8. Kopi hijau untuk dietpun siap untuk dinikmati.

Pembuatan kopi hijau untuk diet sangat mudah dan praktis kan? Jadi tunggu apa lagi? Ayo buat juga kopi hijau untuk diet versimu.

 

Waktu yang Tepat untuk Mengkonsumsi Kopi Hijau

Umumnya orang orang meminum kopi hijau ini setelah sarapan. Karena dengan begitu manfaat kopi hijau akan lebih bekerja. Untuk menjaga manfaat tersebut kamu juga harus mengimbanginya dengan gaya hidup serta pola makan yang sehat dan terjaga.

 

Manfaat Kopi Hijau

manfaat kopi hijau

Dari awal disebut sebut bahwa kopi hijau dapat digunakan untuk diet, namun selain itu sebenarnya kopi hijau juga memiliki banyak sekali manfaat lainnya. Berikut akan dibahas manfaatnya.

1. Menurunkan Berat Badan

Seperti yang tadi sudah dikatakan, bahwa kopi hijau ini memiliki kandungan klorogenat yang dapat mengurangi lemak dalam tubuh.

2. Mengendalikan Tekanan Darah

Selain menurunkan berat badan, kopi hijau ini juga dapat mengendalikan tekanan darah. Karena kandungan asam klorogenat termasuk kedalam senyawa antioksidan yang dapat menghambat kortisol aktif.

3. Meningkatkan Fokus

Jenis kopi kopian memang dapat meningkatkan sistem kerja otak, yang dapat membantu pengonsumsinya focus. Hal ini dapat terjadi karena kopi memiliki kandungan kafein yang bertindak sebagai stimulan di syaraf pusat.

4. Menghambat Proses Penuaan

Dalam kandungan antioksidan yang ada pada kopi juga menawarkan efek anti penuaan. Terlebih lagi dengan kandungan klorogenat yang dibilang dapat memperbaiki sifat kulit dan fungsi sirkulasi mikro.

 

Efek Samping Kopi Hijau

Selain memiliki banyak manfaat untuk tubuh, kopi hijau juga mempunyai beberapa sisi negatif loh. Diantaranya yaitu kopi hijau memiliki kandungan kafein yang kurang baik untuk tubuh. Dalam mengkonsumsinya, kamu juga harus mengetahui dosis yang tepat.

 

Penutup

Itulah tadi beberapa pembahasan seputar cara membuat kopi hijau untuk diet yang semoga dapat bermanfaat dan dapat kamu ikuti. Kesehatan adalah hal terpenting untuk tubuh, maka jagalah itu selagi kamu bisa.