Penyebab Umum Infeksi Telinga

Cefixime adalah antibiotik baru yang digunakan untuk mengobati infeksi telinga yang dapat diberikan secara oral. Obat ini bekerja dengan melawan bakteri dalam tubuh Anda yang menyebabkan infeksi seperti infeksi telinga. Ini hanya dapat diresepkan dalam keadaan tertentu jadi selalu konsultasikan dengan dokter Anda sebelum minum obat apa pun!

Infeksi telinga sering terjadi dan dapat diketahui dengan berbagai cara. Mereka biasanya disebabkan oleh bakteri, itulah sebabnya antibiotik seperti Cefixime digunakan untuk mengobatinya. Namun, Anda mungkin tidak selalu dapat mengetahui apakah Anda mengalami infeksi telinga hanya dari gejalanya saja, terkadang sulit untuk membedakan antara gejala infeksi telinga dan kondisi lainnya.

Apa Penyebab Paling Umum dari Infeksi Telinga?

Salah satu penyebabnya adalah kondisi yang disebut otitis eksterna, yang lebih dikenal sebagai telinga perenang atau dengan nama medisnya “eksostosis saluran pendengaran eksternal”. Ini terjadi ketika ada jumlah pertumbuhan yang tidak normal pada tulang di sekitar saluran telinga, yang berarti ada lebih sedikit ruang bagi air untuk keluar, sehingga menyebabkan risiko infeksi yang lebih besar. Penyebab lain dapat mencakup:

  • Alergi dan hay fever
  • Virus pilek/flu
  • Pilek atau sakit tenggorokan
  • Benda asing seperti cotton buds yang tersangkut di liang telinga
  • Penumpukan kotoran telinga
  • Rambut tumbuh di dalam liang telinga

Dosis Cefixime

Cefixime biasanya diresepkan bersamaan dengan obat lain, yaitu obat pereda nyeri. Ketika obat digunakan sendiri biasanya diresepkan sebagai satu atau dua tablet per hari untuk jangka waktu 1-3 hari. Rejimen pengobatan ini dapat disesuaikan tergantung pada kebutuhan dan situasi pribadi Anda. Dokter Anda akan mempertimbangkan kondisi kesehatan yang sudah ada sebelumnya dan mungkin meresepkan Anda pengobatan yang lebih lama untuk memungkinkan bantuan yang lebih baik dari gejala.

Bagi banyak orang, harga Cefixime 100 mg dapat menjadi perhatian karena harganya yang terjangkau. Obat ini bisa Anda dapatkan di apotek online maupun offline dengan menggunakan resep dokter.

Kontraindikasi Cefixime

Cefixime mungkin memiliki potensi untuk alergi. Ini dapat digunakan oleh orang dewasa dan anak-anak di atas usia 12 bulan, wanita tidak hamil dan tidak memiliki riwayat hipersensitivitas terhadap obat atau sefalosporin lainnya, serta bagi mereka yang alergi terhadap penisilin.

Setelah Cefixime diminum, jika Anda mengalami gatal-gatal atau ruam kulit yang berbeda dari ruam kronis yang biasa Anda alami, segera beritahu dokter Anda. Jika Anda memiliki efek samping yang luas yang bisa menjadi tanda-tanda reaksi serius, segera hubungi layanan darurat, karena dapat menyebabkan pembengkakan tenggorokan, anafilaksis.