Panduan Dasar untuk Mempelajari JavaScript
Bahasa pemrograman web yang paling populer adalah JavaScript. Banyak orang ingin belajar cara membuat program JavaScript tetapi tidak tahu harus mulai dari mana. Untuk pemula, JavaScript adalah tempat yang sangat baik untuk memulai belajar algoritma karena sangat mudah dan menyenangkan.Jika Anda mencari tempat untuk memulai belajar JavaScript, mungkin artikel ini adalah artikel yang cocok buat Anda. Artikel ini hanya berisi panduan untuk memulai belajar JavaScript, Anda harus benar-benar mempunyai semangat yang tinggi untuk benar-benar mulai menuliskan kode-kode JavaScript sendiri.

Pelajari Dasar-dasar JavaScript

Sebelum Anda dapat menulis kode JavaScript, Anda harus mempelajari sintaks dasar bahasa tersebut. Untuk pengenalan menyeluruh, lihat tutorial belajar JavaScript gratis di Nextgen. Tutorial ini mencakup variabel, array, kondisional, loop dan fungsi. Tutorial ini sudah mencakup pelajaran dasar yang kuat untuk pemula!Anda juga harus membaca fitur-fitur lain apabila mulai mendalami JavaScript sehingga Anda dapat mengetahui lebih dalam. Mozilla Developer Network memiliki dokumentasi yang sangat baik untuk mendalami sebagian besar aspek JavaScript!

Tulis Program Pertama Anda

Sekarang, saatnya untuk menulis program pertama Anda dengan tujuan yang lebih untuk praktek. Tempat yang baik untuk memulai adalah mengunjungi halaman website untuk menjawab tantangan coding JavaScript. Web ini berisi sejumlah latihan yang akan membantu Anda menguasai dasar-dasar pemrograman JavaScript.Tantangan ini sangat bagus karena ditulis dengan gaya yang mudah diikuti. Setiap tantangan memiliki solusinya sendiri sehingga Anda dapat membandingkan kode Anda dengan jawaban yang benar dan belajar dari kesalahan Anda.Anda dapat menemukan website seperti pada kursus-kursus JavaScript interaktif seperti kursus JavaScript Nextgen.

Latih keterampilan JavaScript Anda

Ada beberapa situs web tempat Anda dapat berlatih dan mempelajari kode secara gratis, pastikan untuk memakainya jika Anda mencari lebih banyak sumber daya untuk membantu Anda menjadi ahli JavaScript.Misalnya, CodePen dan JS Fiddle adalah situs yang sangat baik untuk digunakan untuk menulis kode. Keduanya menyediakan editor tempat Anda dapat menulis kode JavaScript Anda sendiri, termasuk HTML, CSS dan bahkan bisa menambahkan fasilitas tambahan lain seperti jQuery.CodePen lebih seperti jejaring sosial untuk pembuat kode, situs ini memungkinkan Anda untuk berbagi kode dengan audiens yang lebih besar. Komunitas kemudian dapat menilai kode Anda dan memberikan umpan balik, jadi ini adalah cara yang berguna untuk meningkatkan kemampuan Anda sebagai pemula.

Buat aplikasi atau situs web

Setelah Anda menguasai dasar-dasar JavaScript dan sudah pernah menuliskan kode-kode JavaScript, inilah saatnya untuk mulai mempraktikkan keterampilan baru Anda. Ini juga merupakan saat yang baik untuk berkolaborasi dan mengerjakan proyek dengan orang lain sehingga Anda dapat belajar dari mereka! Gunakan GitHub, platform populer untuk pengembang perangkat lunak secara bersama dan berkontribusi pada proyek orang lain. Jika Anda sedang mencari ide, lihat beberapa proyek JavaScript paling populer di GitHub. Anda mungkin menemukan sesuatu yang Anda minati untuk dikerjakan!Tempat lainnya bagi pemula untuk membuat beberapa proyek dasar adalah Codewars. Di sini, Anda dapat melawan pemain lain dalam tantangan membuat program JavaScript yang telah dikumpulkan dari pengguna di seluruh dunia. Codewars juga memiliki sejumlah besar tutorial bermanfaat yang menawarkan tip dan saran pengkodean.Jika Anda tertarik untuk membuat proyek JavaScript sederhana sendiri, berikut beberapa sarannya:
  • Buat aplikasi atau situs web yang secara otomatis menghitung pengeluaran Anda. Anda dapat menggunakan alat seperti Splunk untuk mengumpulkan data dan kemudian menampilkan hasilnya dalam antarmuka yang disesuaikan.
  • Membuat formulir web yang memungkinkan pengguna untuk mengirim email. Waspadai kesalahan dan coba selesaikan!
  • Buat program yang menunjukkan cuaca saat ini di daerah Anda. Gunakan layanan seperti OpenWeatherMap untuk mendapatkan data, memfilternya, dan mengirimkannya di halaman web, bukan hanya di kotak peringatan.
Anda tidak bisa menjadi ahli JavaScript tanpa terlebih dahulu mengenal dasar-dasarnya. Jika Anda tertarik untuk mempelajari cara menulis kode Anda sendiri maka Anda harus memulai dari dasar kemudian mencoba praktek menuliskan kode-kode sendiri, setelah itu baru Anda dapat mengasah kemampuan lebih jauh dengan membuat aplikasi web sendiri.