Manfaat dan Nutrisi Buah Alpukat

Manfaat buah alpukat sangat besar bagi kesehatan dan kecantikan, di samping rasanya yang memang sangat enak saat dimakan secara langsung atau diolah dalam bentuk makanan yang lain. Tidak heran jika buah alpukat sejak dahulu sangat laris di kalangan masyarakat.

Sangat banyak manfaat buah alpukat, sebagaimana yang akan saya detailkan pada poin khusus pembahasan pada artikel kali ini. Salah satu manfaat terbesarnya adalah mengontrol tekanan darah. Hal ini telah dibuktikan berdasarkan hasil penelitian yang dipublikasikan di Journal of the American Heart Association. Dalam publikasi disebutkan kalau mengkonsumsi satu buah alpukat dapat membantu mengurangi tekanan darah sampai 13,5 mm/Hg.

Dari hasil riset di atas memperlihatkan bahwa jika penderita hipertensi dapat mengkonsumsi alpukat secara rutin di samping menjalankan pola diet sehat, sehingga penyakit darah tinggi stadium ringan bisa diobati tanpa bantuan obat-obatan kimia.

manfaat buah alpukat

Nutrisi yang Terkandung dalam Buah Alpukat

Manfaat buah alpukat tentunya tidak lepas dari nutrisi yang terkandung di dalamnya. Oleh karena itu, di bawah ini akan saya sebutkan nutrisi-nutrisi yang terkandung di dalam buah yang satu ini. Beragam kandungan nutrisi tersebut adalah sebagai berikut :

1. Vitamin B2, B6 dan B5, yang terbukti efektif dalam mendukung proses sintesis pada hormon, menciptakan sistem kekebalan tubuh yang baik, serta mengurangi dampak stress. Bukan hanya itu, buah alpukat juga mengandung biotin yang baik untuk pertumbuhan kuku dan rambut.

2. Vitamin C, yang memiliki fungsi penting untuk produksi kolagen, sistem kekebalan, serta menguatkan tulang dan gigi.

3. Unsur tembaga, yang terbukti sangat efektif membantu proses penyembuhan luka dan mendukung sistem kardiovaskular.

4. Tirosin, yang terbukti efektif membantu pembentukan hormon tiroid.

5. Magnesium, yang terbukti sebagai nutrisi untuk relaksasi dan meredakan ketegangan otot, serta menyembuhkan kelelahan.

6. Vitamin E, yang mengandung antioksidan yang kuat dan mampu membendung tekanan gaya hidup modern.

 

Selain beragam kandungan nutrisi di atas, saat Anda menambahkan alpukat dalam menu makanan/minuman sehari-hari, pertambahan berat badan secara efisien mudah diatur karena buah ini bisa membuat rasa kenyang dalam waktu lama.

Source : tipsserbaserbi.com