Inilah Penyebab Septic Tank Bau Beserta Solusi Mudah Mengatasinya!

Tangki septik atau lumrah dikenal dengan septic tank merupakan tempat penampungan kedap air yang berfungsi untuk mengolah limbah kotoran manusia. Dalam prosesnya ternyata sering ditemukan kendala semacam septic tank bau. Berikut ini penyebab serta cara mengatasinya:

 

Penyebab Timbulnya Bau Pada Septic Tank

Septic tank diyakini setiap harinya menampung banyak limbah kotoran manusia. Tidak mengherankan apabila penampungan tersebut sewaktu-waktu menimbulkan permasalahan seperti mengeluarkan bau yang tidak sedap. Inilah penyebabnya.

1. Pipa Penghubung Mengalami Masalah

Sesuai dengan namanya, pipa penghubung merupakan saluran yang mempertemukan limbah kotoran manusia menuju tangki penampungan septic tank. Pipa penghubung yang bermasalah dapat menghambat proses penyaluran limbah. Apabila hal tersebut terjadi, kemungkinan endapan limbah malah berada pada tempat yang bukan seharusnya. Tentu saja kejadian tersebut menyebabkan timbulnya bau pada septic tank.

septic tank

2. Terjadi Kebocoran pada Pipa atau Penutup Septic Tank

Tangki penampungan dalam septic tank merupakan wadah pengolahan limbah kotoran manusia. Di sana terjadi proses penguraian oleh mikroorganisme/bakteri terhadap limbah yang tertampung.

Proses penguraian tersebut akan menghasilkan sebuah gas yang lumayan bau, sebabnya septic tank dikubur dalam tanah agar tidak mencemari udara. Kebocoran pada pipa atau penutup septic tank dapat menyebabkan gas penguraian tersebut menyebar ke udara.

3. Terjadi Penyumbatan Saluran Pipa ke Tangki Bawah Tanah

Penyumbatan saluran pipa ke tangki bawah tanah dapat mengakibatkan endapan limbah mengalami penguraian tidak pada tempatnya. Limbah kotoran manusia pasti mengalami penguraian yang menghasilkan gas.

Jika gas tersebut menyeruak ke udara secara bebas, maka tidak mengherankan septic tank bau. Apabila hal tersebut tidak segera ditanggulangi maka akan menjadi penyebab lain dari polusi udara yang dapat mengganggu aktivitas manusia.

 

Cara Mengatasi Permasalahan Septic Tank Bau

Permasalahan septic tank bau ini ternyata merupakan hal yang lumrah terjadi. Tidak mengherankan, manusia setiap hari pasti menghasilkan limbah kotoran yang berhubungan dengan sanitasi ini. Namun jangan khawatir, pemilik septic tank tetap dapat mengatasi permasalahan tersebut dengan berbagai solusi yang dapat diterapkan sendiri, inilah caranya:

1. Gunakan Jasa Sedot WC

Septic tank yang penuh menyebabkan kotoran tidak dapat diuraikan dalam tangki. Penuhnya septic tank ini membuat bau tidak sedap dari kotoran menyerua karena tidak dapat diendapkan.

Kondisi ini memiliki ciri, yakni ketika menyiram kotoran di WC menggunakan air malah terjadi luapan keluar bukannya mengalir ke dalam tangki. Hal tersebut merupakan indikasi utama mau tidak mau si pemilik septic tank harus melakukan penyedotan WC.

2. Beralih Menggunakan Septic Tank Biotech

Septic tank biotech merupakan terobosan inovasi yang lebih mutakhir daripada produk sebelumnya. Gubahan ini memiliki substansi kegunaan yang sama seperti septic tank pada umumnya, yaitu sebagai tempat pengolahan limbah kotoran manusia di bawah tanah. Bedanya, produk ini lebih unggul dalam banyak hal termasuk utilitas pemakaiannya. Pemanfaatan fiber yang kuat sebagai bahan utama membuat inovasi ini lebih istimewa.

Sesuai dengan namanya, produk hasil inovasi ini tentunya ramah lingkungan. Alasannya karena sistem pengolahan dirancang cukup baik sehingga limbah hasil pengendapan kotoran tidak menghasilkan bau serta mencemari lingkungan sekitarnya. Selain itu, produk ini didesain sedemikian rupa sehingga memiliki daya tampung yang memadai agar pemilik septic tank tidak lagi mengkhawatirkan kemungkinan tangki penampungan meluber penuh.

 

Nah, itulah penyebab serta solusi mengatasi septic tank bau. Akhir-akhir ini kebanyakan orang mulai beralih memanfaatkan inovasi septic tank biotech karena utilitas yang ditawarkan lebih efisien. Informasi lebih lanjut mengenai septic tank biotech dapat diakses pada website https://www.biotechno.co.id/septic-tank-bio/.