Inilah Jenis Pakan dan Cara Budidaya Ikan Mujair untuk Konsumsi

Cara budidaya ikan mujair terkenal bisa memiliki peluang yang bagus dalam usaha pada dunia perikanan. Ikan mujair juga merupakan salah satu jenis ikan yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia untuk diolah dalam sebuah masakan. Ikan mujair ini umumnya bisa hidup di air tawar maupun di air payau.

Pembudidayaan ikan mujair bisa kamu lakukan di pekarangan yang luas ataupun di lahan pelataran. Jika kamu membudidayakan ikan mujair kamu juga tidak begitu menghabiskan banyak uang dan tenaga. Asal kamu sudah tau bagaimana karakteristik dari ikan mujair ini maka kamu akan bisa dengan mudah membudidayakannya.

Mengenali binatang yang akan diternak atau dibudidayakan juga merupakan salah satu tips yang bisa memudahkan kamu dalam merawatnya. Bagi kamu yang akan membudidayakan ikan mujair kamu bisa menyimak artikel ini, karena disini akan membahas seputar cara budidaya ikan mujair. Silahkan disimak ya!

 

Budidaya Ikan Mujair

budidaya ikan mujair

Budidaya merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk merawat suatu binatang sampai binatang tersebut bisa kemudian memberikan manfaat bagi pembudidayanya. Manfaat yang diberikan bisa berupa telur, anakan, atau bahkan uang. Pada pembahasan kali ini budidaya yang kita bahas yaitu ikan mujair.

Jadi dalam pembahasan kali ini tentu mengenai perawatan yang bisa diberikan pada ikan mujair. Ikan mujair memiliki sifat yang bisa memberikan toleransi besar pada kadar garam yang ada disekitarnya, hal ini lah yang menjadikan ikan mujair bisa bertahan hidup juga di air payau. Karena umumnya ikan mujair merupakan ikan dengan jenis air tawar.

Pada budidayanya ikan ini bisa tumbuh dengan cepat, sehingga setelah sudah cukup umur para pembudidaya bisa langsung memasarkannya. Ikan mujair ini juga termasuk pada ikan konsumsi yang memiliki banyak kandungan.

 

Pakan Ikan Mujair

Makanan yang biasa dikonsumsi oleh ikan mujair ini kebanyakan berasal dari alam. Pada binatang biasanya makanan yang diberikan disebut dengan pakan. Pada setiap binatang terlebih lagi ikan yang memiliki banyak jenis tentu pakan yang diberikan juga berbeda. Tergantung dengan bagaimana karakteristik dan kebutuhan setiap binatang tersebut.

Berikut ini beberapa makanan yang  biasa dikonsumsi oleh ikan mujair, beberapa diantaranya juga bisa diolah dengan menggunakan mesin giling sekam.

1. Kangkung

Sama halnya dengan manusia, ikan mujair juga bisa mengkonsumsi kangkung. Karena kangkong juga bisa berjasa untuk percepatan pertumbuhan pada ikan, hal ini bisa terjadi karena kandungan gizi yang ada di dalam kangkung bisa merangsang pertumbuhan pada ikan mujair.

2. Dedak

Dedak ini memiliki jenis yang berbeda beda, perbedaan tersebut bisa dilihat pada masing masing bahan dasar pembuatannya. Dedak juga tidak dikonsumsi oleh jenis ikan ikanan saja, melainkan juga bisa dikonsumsi oleh ternak sejenis ayam.

Dedak ini umumnya memiliki kandungan karbohidrat yang melimpah, sehingga bisa baik untuk pertumbuhan pada ikan mujair. Pemberian dedak ini baiknya dilakukan saat ikan masih kecil.

3. Lumut

Lumut ini merupakan makanan dari ikan mujair yang mudah ditemukan, karena biasanya lumut akan tumbuh sendiri di dasaran kolam ikan. Dengan begitu makai an mujair bisa secara langsung memakan lumut jika memang merasa kurang pakan. Namun hal ini juga kurang baik.

 

Cara Budidaya Ikan Mujair

cara budidaya ikan mujair

Dalam pembudidayaan, terutama untuk kalian yang masih pemula tentu masih sangat amat butuh cara budidaya yang benar. Untuk mendapatkan ikan mujair yang berkualitas, berikut ini akan ditampilkan cara cara yang bisa kamu lakukan untuk membudidayakan ikan mujair.

1. Kontruksi Kolam

Cara pertama tentu saja kamu harus tau bagaimana konstruksi kolam yang akan kamu buat. Hal tersebut bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dari budidaya ikan mujair. Namun secara umum kolam yang biasa disiapkan untuk membudidayakan ikan mujair ini 500 – 1000m2 dengan kolam yang kokoh, kedap air, lebar mencapai 50cm, serta kedalaman kolam yang berkisar pada 70 cm – 150 cm.

2. Persiapan Pemeliharaan

Dalam pemeliharaan ini, kamu harus sudah melakukan beberapa hal. Seperti menjemur kolam kurang lebih selama 4-7 hari supaya tanah dasar retak, memberikan kapur tohor dengan dosis yang sesuai, menyiapkan pupuk dasar, dan setelahnya kamu harus sudah menebarkan pupuk dengan rata pada dasar kolam.

3. Penebaran Benih

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa menebarkan benih sesuai dengan luas kolam yang kamu punya untuk membudidayakan ikan mujair. Biasanya menebar benih dengan bobot kurang lebih 15 – 20 gram/ekor.

4. Pemberian Pakan

Setelah tadi sudah menebar benih, kini kamu bisa memberikan pakan. Dalam pemberian pakan ini kamu bisa memilih salah satu pada beberapa makanan yang tadi sudah dibahas di atas. Namun selain itu kamu juga harus memberikan pakan tambahan berupa pelet, atau yang bisa juga kamu olah sendiri menggunakan mesin pembuat pakan ternak sambil memperhatikan komposisi yang dibutuhkan.

5. Mengelola Air

Pada budidaya ikan, tentu saja kamu harus mengelola air. Karena jika tidak nanti air yang ada akan kotor dan tidak terawat. Hal ini juga bisa menyebabkan kualitas ikan menurun. Disini kamu bisa menggunakan sumber air dari sungai, mata air, sumur, ataupun air hujan dengan temperatur yang ideal yaitu 28 – 30 derajat celcius, pH 7 – 8,5. Selain jenis air yang digunakan, kamu harus rajin melakukan pergantian air.

6. Produktivitas

Pada produktivitas ini umumnya ikan mujair bisa dipanen setelah ukurannya mencapai 200 sampai 300 ekor dalam waktu 3 sampai 6 bulan dan produksi yang bisa dihasilkan sekitar 1 sampai 2 kg/m2.

 

Penutup

Pada cara budidaya ikan mujair hal terpenting yang harus diperhatikan adalah pemberian pakan serta pengelolaan airnya, karena dengan pakan yang tepat maka ikan mujair akan bisa bertumbuh baik. Dan dengan pengelolaan air yang tepat, maka kualitas dari ikan mujair bisa sesuai dengan kadarnya. Semoga bisa bermanfaat ya!