More

Biografi Via Vallen, Penyanyi Dangdut yang Demen Cover Lagu

By Admin Ext September 20, 2022 3 Min Read

Maulidia Octavia atau yang memiliki nama panggung Via Vallen, lahir di Surabaya 1 Oktober 1991 yang senang cover lagu-lagu penyanyi lain dan menjadikan lagu tersebut bergenre koplo. Banyak yang kurang senang dengan apa yang dilakukan Via dengan menyanyikan lagu penyanyi lain, namun ia mengubahnya menjadi genre yang berbeda, bahkan lagu-lagu Korea sekalipun.

Zaskia memulai karirnya di dunia tarik suara semenjak ia menginjak usia 15 tahun, dan mulai mengeluarkan single yang berjudul “Selingkuh” di tahun 2015. Pada single pertamanya, Via belum mengalami penanjakan yang begitu tajam dalam dunia tarik suara. Tapi ketika ia mengeluarkan single kedua yang bertajuk “Sayang” di tahun 2018, namanya semakin melambung tinggi.

Keberhasilannya tersebut membuat Via sangat bangga dan bahagia. Video klip dari single “Sayang” pun telah berhasil ditonton oleh ratusan penonton di kanal Youtube. Zaskia memiliki julukan sebagai Ratu Pop Koplo karena dirinya pun berhasil membawakan lagu-lagu miliknya dan penyanyi lain yang bergenre pop, berubah menjadi bergenre koplo.

Nama Zaskia pun berhasil menjadi bahan perbincangan netizen karena lagunya “Sayang” yang sangat mendunia, kebiasaannya menyanyikan lagu pop menjadi koplo dan juga beberapa kali sempat tampil di layar televisi, seperti di acara Karnaval Inbox SCTV. Bahkan Via Vallen pun sempat didapuk untuk menyanyikan theme song untuk Asian Games di tahun 2018, yang menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah.

Sebelum sempat terkenal, Via telah membuat album pertama Evanescence yang berjudul Fallen yang mana album ini dibuat saat kemampuan vokalnya yang apik oleh orkes Sera. Hal tersebut menjadikan dirinya bergabung dengan Sera di tahun 2008 dan mulai manggung dari satu kota ke kota yang lain, layar kaca, dan juga mengadakan konser di Hongkong dan juga Tiongkok di tahun 2016 silam.

Selain kedua single tersebut, Via telah mengeluarkan single lainnya. Via juga sempat mendapatkan beberapa piala penghargaan.

Meski banyak prestasi yang telah didapatkannya, tapi tak banyak juga dirinya menuai banyak komentar negatif dari para haters dan netizen. Via dianggap sebagai penyanyi dangdut yang hobinya hanya mengcover lagu milik orang lain dan hanya diubah menjadi genre yang berbeda. Bahkan seorang personil dari band Superman Is Dead, yaitu Jerinx pun berkomentar demikian.

Jerinx menganggap bahwa Via tidak melakukan izin untuk menyanyikan lagu milik bandnya yang bertajuk “Tanpa Sunset di Tanah Anarki”. Jerinx pun menganggap bahwa Via hanya sekadar membawakan lagu tanpa paham maksud lagu yang dibawakannya dan Jerinx menganggap bahwa Via merendahkan kesakralan dari lagu tersebut.

Ia hanya ingin Via berlaku secara sopan dengan meminta izin dahulu kepada ia dan anggota lainnya, apabila ingin membawakan lagunya bahkan hingga dibawakan dengan genre koplo. Jerinx menganggap bahwa Via hanya ingin memperkaya dirinya dengan hasil dari menyanyikan lagu orang lain tanpa izin. Jerinx tidak mempermasalahkan uangnya, tapi lebih kepada tata krama. Jika Via memang ingin membawakan lagu yang baru saja dirilis oleh SID, boleh saja asalkan ada izin agar tidak melahirkan hal-hal yang tidak diinginkan kedepannya.

Biografi Via Vallen, Penyanyi Dangdut yang Demen Cover Lagu

Via sempat menyayangkan dengan apa yang dilakukan Jerinx kepadanya, karena menurutnya tak hanya dirinya saja yang berlaku demikian, masih banyak penyanyi dan musisi lain yang membawakan lagu orang lain tanpa izin. Via sempat menyayangkan dengan hal yang terjadi padanya hingga membuat dirinya dan namanya bermasalah.

Bahkan Via juga membawakan lagu milik Didi Kempot yang dinyanyikan ulang olehnya. Tak ada yang tahu apakah dirinya secara personal sudah meminta izin kepada sang empunya lagu, tapi semoga saja dengan adanya hal ini membuat Via sadar bahwa setiap penyanyi berhak mendapatkan royalti dari lagu yang dibawakan oleh orang lain. Musisi lain pun harus izin terlebih dahulu kepada si pemilik lagu, agar tidak terjadi ketidakadilan perihal royalti.

Pedangdut yang pernah dikabarkan telah menikah dengan salah satu personil dari orkes musik Sera ini membantah kabar gosip tersebut. Sang ayah pun juga turut angkat bicara dengan kabar yang beredar di masyarakat dan menjelaskan bahwa sang anak belum pernah menikah dan masih berstatus single.

Kini Via masih disibukkan dengan jadwal nyanyinya dari satu panggung ke panggung yang lain, demi mendapatkan pundi-pundi yang lebih menggunung untuk masa depan.

Itulah dia Biografi Via Vallen. Semoga kamu puas dengan informasi yang disajikan. Terima kasih!

B
4