Beragam Penyakit yang Dapat Diatasi dengan Akupuntur

Akupuntur adalah salah satu cara pengobatan yang berasal dari negeri Tiongkok yang muncul sejak ratusan tahun lalu. Karena efektivitasnya yang besar maka pengobatan dengan akupuntur kian populer ke seluruh dunia.

Akupuntur dilakukan dengan cara menusukan jarum halus ke titik titik tertentu pada kulit. Masyarakat Tiongkok percaya jika seandainya akupuntur dilakukan maka energi tubuh (Qi) akan dapat mengalir dengan lancar. Penyakit sendiri berasal dari aliran Qi yang tidak lancar. Maka dengan melakukan akupuntur dapat membuat tubuh menjadi sehat.

Meskipun kedokteran modern tak mengenal energi Qi sebagaimana yang dipercaya masyarakat Tiongkok, namun pengaruh jarum halus pada syaraf-syarat tertentu pada kulit memang berefek baik bagi tubuh. Diantara masalah kesehatan yang dapat diatasi dengan akupuntur adalah.

Masalah Kesuburan

Akupuntur dapat meningkatkan hormon kesuburan sehingga mempercepat kehamilan pada wanita. Demikian juga pada pria, akupuntur dapat mengatasi masalah seperti impotensi dan prostatitis.

Nyeri Saat Haid

Sebuah riset dilakukan untuk mengetahui efektivitas akupuntur terhadap nyeri pada saat haid. Studi tersebut menghasilkan kesimpulan bahwa durasi nyeri ketika haid dapat berkurang hingga 50% pasca melakukan akupuntur. Efektivitas dapat bertambah jika intensitas akupuntur ditambah jingga 12 kali selama 3 siklus menstruasi. Akupuntur juga berpengaruh positif terhadap kesehatan wanita.

Alergi

Alergi musiman seringkali muncul yang menyebabkan masalah kesehatan seperti hidung tersumbat, pilek, mata berair, gatal, dan bersin. Selain karena faktor cuaca, polusi juga menjadi faktor penyebab alergi. Alergi dapat diringankan dengan akupuntur.

Insomnia

Insomnia dapat diatasi dengan akupuntur dengan menusukan jarum di titik-titik tertentu pada kulit. Para responden dalam penelitian melaporkan bahwa mereka tak mengalami insomnia sesering sebelum akupuntur dilakukan. Penelitian ini membuktikan bahwa insomnia dapat diatasi dengan akupuntur.

Sakit Kepala dan Migrain

Sakit kepala dan migrain dapat diatasi dengan menggunakan akupuntur. Ketika akupuntur dilakukan maka jarum akan merangsang syaraf yang akan menghasilkan endorfin pada otak sehingga rasa sakit dapat menjadi reda. Selain itu akupuntur dapat membuat tubuh menjadi rileks.