Beberapa Kegunaan Kopra Putih untuk Masyarakat

Komoditas perkebunan kelapa di Indonesia memang sedang naik daun akhir-akhir ini. Indonesia memiliki potensi yang sangat besar bagi pengembangan kesejahteraan petani kelapa. Pemanfaatan dari buah kelapa salah satunya yaitu diolah menjadi kopra kelapa.

Kopra kelapa merupakan daging buah kelapa yang dipisahkan dari tempurungnya. Baik dengan memakai mesin pembuat kopra maupun dengan memakai tenaga asli manusia, pengolahan kopra kelapa ini menjadi kunci dari kesuksesan produksi dan juga komoditas minyak kelapa.

Pengolahan kopra kelapa dibagi menjadi dua jenis hasil, yakni kopra putih dan kopra hitam. Kopra hitam merupakan kopra yang proses pembuatannya paling gampang. Hanya dengan memisahkan daging buah kelapa dari tempurungnya lalu dijemur di bawah sinar matahari sampai berwarna hitam.

Lain dari kopra hitam, kopra putih lebih susah dan lumayan panjang untuk proses produksinya. Hal ini karena harus diperhatikan kualitas dan juga kandungan dari kopra yang diolah. Kandungan air pada kopra putih harus sekitar 5% saja, higienis, PAH, FFA, bebas alotoksin, dan bebas dari berbagai kandungan yang lainnya.

Namun, kamu bisa memakai oven kopra putih untuk memproduksi kopra putih supaya proses produksinya tidak terlalu panjang dan lebih cepat.

 

Kegunaan dari Kopra Putih

kegunaan kopra putih

Kopra putih memang memiliki banyak manfaat, baik dari segi ekonomis ataupun segi kesehatan. Karena hal tersebut, sumber daya yang ada di Indonesia dimanfaatkan secara maksimal oleh para petani. Berikut manfaat dari kopra putih.

1. Menjadi Ladang Usaha untuk Masyarakat

Oleh karena harga kopra putih jual yang cenderung stabil dan juga bisa dikatakan cukup tinggi, usaha kopra putih ini bisa dijadikan ladang penghasilan yang menguntungkan dan juga menjanjikan. Sudah banyak dari masyarakat Indonesia yang memanfaatkan kelapa untuk diproduksi menjadi kopra putih.

Kopra putih dijual dengan harga kisaran Rp 14.000 sampai Rp 17.000 per kgnya. Sedangkan jika dijual dalam bentuk butiran kelapa yang masih utuh hanya laku terjual dengan harga Rp 2000 saja. Untuk menghasilkan 1 kg kopra putih hanya memerlukan 4 sampai 5 buah kelapa saja.

2. Bisa dimanfaatkan Menjadi Minyak Kelapa yang Mempunyai Kualitas Tinggi

Sekarang ini banyak sekali orang yang memerlukan minyak kelapa karena lebih sehat. Alasan kesehatan tersebut yang membuat beberapa produk dari bahan baku kopra bisa diciptakan, seperti :

  • Minyak goreng
  • Sabun
  • Sampo
  • Obat kumur
  • Pelembab kulit
  • Virgin Coconut Oil (VCO)

Melihat produk yang disebutkan di atas, sudah bisa disimpulkan bahwa kopra putih ini bisa menjadi salah satu bahan baku yang sangat berguna.

3. Menjadi Bahan Bakar Alternatif Untuk Mesin Diesel

Jurnal pada tahun 2012 yang berisi hasil penelitian dari Universitas Jember menerangkan, hasil pengujian memperlihatkan bahwa coco-biofuel yang sudah dibuat tersebut mempunyai sifat kimia yang hampir mirip dengan minyak solar.

Berdasarkan penelitian tersebut, solar organik atau coco-biofuel bisa menggantikan fungsi dari bahan bakar solar. Sudah pasti penelitian yang dihasilkan di atas masih diteliti dan juga dilanjutkan oleh pihak-pihak yang berkaitan sehingga dapat digunakan oleh masyarakat umum.

4. Proses Pembuatan Kopra Putih yang Cukup Sederhana untuk Bahan Baku Minyak Goreng

Meskipun cara pengolahannya cukup panjang, tetapi bukan menjadi halangan untuk para petani kopra mengolah kopra kelapa menjadi sebuah komoditas yang pastinya menguntungkan. Umumnya kopra putih dipakai sebagai bahan baku pembuatan minyak goreng.

Untuk memperoleh kopra yang bagus diperlukan 3 sampai 4 kg buah kelapa yang umurnya sekitar 10 sampai 12 bulan. Cara pembuatan kopra putih memanfaatkan energi panas. Dengan memakai teknologi oven kopra untuk membantu proses pengeringan maka hasilnya akan terbebas dari jamur.