Beberapa Efek Samping Akupuntur

Akupuntur adalah pengobatan alternatif yang muncul di Tiongkok beberapa ratus tahun silam. Akupuntur kemudian menyebar ke seluruh dunia dengan cepat termasuk di Indonesia. Akupuntur dipercaya dapat memperbaiki metabolisme tubuh, memperbaiki organ yang bermasalah, dan meningkatkan kesehatan secara umum. Akupuntur juga sudah diakui secara medis efektivitasnya.

Meskipun demikian bukan berarti pengobatan akupuntur bebas dari masalah, akupuntur juga mempunyai sejumlah efek negatif diantaranya adalah sebagai berikut:

Kelelahan

Sebagian orang mengalami kelelahan setelah melakukan akupuntur. Hal ini terjadi sebagai tanda tubuh sedang istirahat. Jika anda mengalaminya, segeralah tidur kemudian anda akan merasakan jauh lebih segar dibandingkan sebelum akupuntur dilakukan.

Ruam pada Kulit

Ruam pada kulit sering kali muncul pasca dilaksanakannya akupuntur. Kulit akan terlihat kemerahan dan agak gatal. Namun jangan khawatir sebab biasanya tak ada masalah serius disitu. Ruam terjadi akibat jarum yang kurang higienis atau kurangnya menjaga kesehatan pasca akupuntur dilakukan.

Rasa Sakit

Karena menggunakan jarum yang ditusuk ke kulit, seseorang bisa mengalami rasa sakit. Rasa sakit paling terasa biasanya di bagian telapak tangan dan jari-jari kaki. Biasanya rasa sakit akan hilang dalam 24 jam namun dalam beberapa kasus yang cukup jarang terjadi memar bisa saja terjadi di tempat jarum ditempatkan.

Kedutan Otot

Kedutan otot seringkali terjadi selama proses akupuntur dilaksanakan. Kedutan otot terjadi diluar kesadaran yang disebabkann oleh kontraksi otot yang kejang akut. Terutama jika otot baru saja ditusuk jarum. Jika anda mengalaminya, segeralah memeberi tahu praktisi akupuntur anda.

Pusing

Pusing bisa muncul ketika pertama kali bangkit dari meja akupuntur. Ini terjadi karena aliran darah yang tiba-tiba berubah. Duduklah dengan rileks selama beberapa menit dan tariklah nafas dalam-dalam agar semakin rileks jika anda mengalaminya.

Cidera Organ

Ini adalah kasus yang sangat langka sekali namun bisa saja terjadi. Apabila jarum terlalu dalam ditusukkan maka jarum bisa menusuk hingga ke organ vital seperti paru-paru. Oleh sebab itu sangat penting jika akupuntur dilakukan oleh seorang praktisi yang sudah berpengalaman dibidang akupuntur.