Bagaimana Energi Terbarukan dapat Membantu Menyelamatkan Lingkungan
Energi terbarukan telah banyak digunakan beberapa tahun belakangan, tetapi baru sekarang menjadi lebih populer. Ada banyak sumber energi terbarukan yang digunakan orang saat ini untuk menghasilkan listrik atau memanaskan rumah mereka, termasuk tenaga surya, angin, air, panas bumi, dan biomassa. Sumber energi terbarukan ini tidak akan pernah habis karena sumber daya yang digunakan untuk membuatnya terbarukan.Misalnya, angin dihasilkan dari energi kinetik di atmosfer dan matahari memberikan cahaya terbarukan yang memanaskan planet kita menyebabkan uap air naik ke langit yang kemudian mengembun sebagai hujan cair yang dapat kita manfaatkan untuk pembangkit listrik tenaga air.Panel surya mengubah sinar matahari langsung menjadi listrik sementara panas bumi menggunakan panas alami bumi dari batuan cair di bawah permukaan planet kita untuk dikonversikan menjadi energi listrik. Dalam istilah yang paling sederhana energi terbarukan adalah terbarukan karena berasal dari sumber daya terbarukan yang tidak akan pernah habis.

Apa itu energi terbarukan?

Energi terbarukan didefinisikan sebagai sumber daya terbarukan yang digunakan untuk menghasilkan listrik. Sumber daya terbarukan seperti tenaga surya dan angin dapat diperbarui karena matahari akan selalu bersinar dan angin akan selalu bertiup. Menurut Wikipedia energi terbarukan berasal dari sumber daya terbarukan yang dapat dipakai selamanya secara alami. Ada empat sumber energi terbarukan utama yang digunakan untuk menghasilkan listrik, ini termasuk matahari, angin, tenaga air dan panas bumi.

Manfaat energi terbarukan

Ada berbagai alasan mengapa energi terbarukan lebih baik bagi lingkungan. Salah satu dari sekian banyak manfaat energi terbarukan adalah tidak mencemari bumi seperti sumber energi berbahan fosil seperti minyak bumi, gas alam dan batubara. Sumber daya terbarukan yang digunakan untuk menghasilkan energi seperti matahari dan angin tidak menggunakan banyak bahan kimia untuk mengubah energi menjadi listrik. Sumber daya alam terbarukan bumi dimanfaatkan dengan baik dan sumber energi terbarukan tidak berdampak negatif terhadap planet kita.

Tenaga surya, angin & hidro

Tenaga surya, tenaga angin dan tenaga air adalah sumber energi terbarukan yang menghasilkan listrik tanpa mencemari bumi. Tenaga surya dapat diperbarui karena panel surya mengubah sinar matahari menjadi listrik dan tenaga angin dapat diperbarui karena menggunakan energi kinetik di atmosfer untuk menghasilkan listrik. Bendungan pembangkit listrik tenaga air menggunakan air untuk menghasilkan energi terbarukan dengan memutar turbin untuk menggerakkan magnet melalui kumparan kawat yang menciptakan arus listrik dan sumber energi terbarukan ini semuanya memiliki dampak positif terhadap lingkungan.

Tenaga panas bumi

Panas bumi terbarukan karena menggunakan panas alami dari batuan cair di bawah permukaan planet kita. Panas yang dihasilkan dari batuan cair ini akan digunakan untuk memanaskan cairan tertentu seperti air sehingga menjadi uap air. Uap air bertekanan besar ini akan dialirkan melalui pipa-pipa besar dan digunakan untuk menggerakkan turbin pembangkit tenaga listrik. Potensi panas bumi terutama di negara-negara yang dilalui oleh pegunungan berapi sangatlah besar. Hanya sebagian kecil dari potensi ini yang sudah dimanfaatkan.

Keuntungan & kerugian

Ada banyak keuntungan dan kerugian yang terkait dengan energi terbarukan. Sumber daya terbarukan yang digunakan untuk menghasilkan listrik terbarukan seperti matahari, angin dan panas bumi tidak menggunakan bahan kimia beracun sehingga lebih baik bagi lingkungan.Ada juga beberapa kelemahan menggunakan energi terbarukan, misalnya sumber energi terbarukan tidak selalu bisa dipakai sepanjang waktu seperti misalnya energi matahari dan angin. Ada beberapa kekhawatiran dengan energi terbarukan seperti ini karena bergantung pada angin atau sinar matahari maka mungkin tidak selalu tersedia setiap saat.