Bagaimana Cara Mengobati Demam pada Bayi
Demam adalah salah satu alasan paling umum untuk mengunjungi dokter anak Anda. Dari semua gejala yang kita lihat pada anak-anak, demam adalah salah satu yang paling mengkhawatirkan karena mungkin karena infeksi yang perlu diobati dengan antibiotik. Tapi bisa juga karena kondisi lain seperti pilek atau flu dan akan membutuhkan cairan dan pengobatan simtomatik.Penting bagi orang tua untuk memahami kondisi apa yang dimiliki anak mereka sehingga mereka dapat mengetahui cara terbaik untuk mengobati demam bayi serta untuk mengurangi keparahan dan durasinya sambil menyembuhkan penyakit apa pun yang menyebabkannya.

Apa itu demam pada bayi?

Demam adalah saat bayi Anda merasakan kehangatan dan suhunya lebih tinggi dari biasanya. Demam dapat disebabkan oleh infeksi, seperti flu atau pilek. Atau bisa juga disebabkan oleh hal lain. Ketika Anda demam, itu berarti tubuh Anda terasa panas dan terkadang Anda mungkin juga merasa sakit!Seorang dokter dapat mengetahui apa yang menyebabkan demam dan mereka akan memberi Anda antibiotik untuk membantu agar infeksi hilang lebih cepat. Jika bayi Anda demam tinggi, coba beri mereka cairan untuk membantu mengatasi ini juga!

Bagaimana Anda tahu jika bayi Anda demam?

Jika dia menangis dan tidak mau makan atau tidur, bisa jadi karena tubuhnya mengatakan ada yang tidak beres. Jika Anda memeriksa suhu dahi bayi Anda, seharusnya sekitar 37°C atau 98,6°F. Suhu normal untuk bayi dan orang dewasa berbeda-beda, jadi Anda harus sering memeriksa suhu bayi terlebih dahulu (menggunakan termometer jenis "merkuri") sampai Anda dapat mengetahui suhu normal.Suhu bayi akan lebih bervariasi daripada suhu orang dewasa. Jika suhu naik di atas 40 ° C atau 104 ° F maka anak Anda perlu menemui dokter karena mungkin serius. Terkadang bayi juga bisa mengalami demam meski suhu tubuhnya normal, yang bisa disebabkan oleh infeksi atau kondisi lain.

Pengobatan Demam pada Bayi

Demam pada bayi sering terjadi. Mereka dapat disebabkan oleh infeksi, seperti pilek atau flu. Jika anak Anda demam karena infeksi maka dapat diobati dengan antibiotik. Jika bukan karena infeksi, maka dapat diberikan cairan berupa air minum dan mengobatinya dengan obat penurun suhu tubuh atau pengobatan lain. Tujuan mengobati demam bayi adalah untuk mengurangi keparahan dan durasinya sambil menyembuhkan penyakit apa pun yang menyebabkannya.Bayi dengan demam harus diperiksa oleh dokter dan biasanya menjalani beberapa tes. Sulit untuk mengetahui apakah bayi Anda mengalami infeksi atau tidak. Paling sering, dokter akan memperlakukannya seperti infeksi sampai mereka yakin itu sesuatu yang lain.Produk baru yang telah dikembangkan untuk digunakan selama periode demam tinggi adalah gel patch pendingin atau yang biasa disebut dengan bye bye fever untuk bayi. Gel ini mendinginkan kulit melalui proses pendinginan evaporatif, yang mengurangi peradangan dan membantu mengendalikan demam. Sebuah studi dari 2016 menunjukkan bahwa bayi dengan demam yang lebih tinggi mengalami penurunan suhu tubuh yang signifikan setelah pemberian gel patch pendingin.Produk gel pendingin ini sangat mudah ditemukan pada toko obat dan apotek terdekat. Harga produk ini juga cukup murah. Harga bye bye fever bayi di apotek berkisar antara 60 ribu rupiah sampai 70 ribu rupiah untuk pemakaian selama 8 jam.

Kesimpulan

Tujuan dari posting blog ini adalah untuk memberikan gambaran yang komprehensif tentang berbagai pilihan pengobatan untuk demam pada bayi. Kami membahas bagaimana demam adalah salah satu alasan paling umum untuk kunjungan dokter anak dan dapat disebabkan oleh infeksi, yang harus diobati dengan antibiotik atau kondisi lain seperti pilek/flu, di mana cairan dan perawatan simtomatik diperlukan. Tujuannya selalu untuk mengurangi keparahan dan durasi saat penyembuhan dari penyakit apa pun yang menyebabkannya.