Alasan Mengapa Anda Harus Sering Berolahraga

Olahraga adalah cara terbaik untuk merawat tubuh agar senantiasa dalam keadaan sehat. Berolahraga dapat menjaga stamina dan daya tahan tubuh. Tubuh akan tetap sehat dan bugar. Meskipun demikian jarang orang menyadari tentang pentingnya berolahraga. Padahal berolahraga adalah salah satu hal yang tak boleh diabaikan.

Oleh sebab itu disini kami akan mencoba membagikan alasan mengapa anda harus sering berolahraga untuk memberikan motivasi kepada anda, meneguhkan hati dan tekad untuk berkomitmen berolahraga. Baik, langsung saja kita membahas berikut manfaat olahraga yang sangat besar sebagai alasan mengapa anda harus berolahraga.

1. Mencegah penyakit kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular adalah penyakit yang timbul akibat penyumbatan pembuluh darah. Ada dua jenis kardiovaskular yaitu stroke dan serangan jantung atau gagal jantung. Ini adalah penyakit paling berbahaya di dunia sampai saat ini dan terus memuncaki sebagai penyakit paling mematikan di dunia.

Penyakit ini dapat dicegah apabila setiap orang tahu cara melakukan pencegahan. Beberapa bentuk pencegahan tentunya adalah dengan berolahraga dengan rutin. Ketika seseorang berolahraga dengan rutin maka nantinya jantung akan semakin kuat, bagian plak yang ada di pembuluh darah akan hilang hal ini membuat tubuh semakin sehat.

 

2. Pengendalian gula darah

Gula darah yang stabil adalah salah satu hal yang sangat penting. Gula darah yang terjaga akan membuat tubuh terjaga dari penyakit diabetes. Ini dapat terjadi sebab dengan berolahraga maka tubuh akan dapat melakukan pencegahan terjadinya resistensi insulin yang menjadi penyebab terjadinya diabetes.

 

3. Menjaga agar tekanan darah tetap dalam kondisi stabil

Orang yang sering berolahraga akan dapat mencegah dirinya dari hipertensi atau tekanan darah tinggi. Darah tinggi adalah masalah yang serius yang dialami oleh orang. Oleh karenanya jangan sepelekan penyakit ini. Pada penderita hipertensi, olahraga akan dapat menurunkan tekanan darah, menjaga darah tetap stabil dan mencegah tekanan darah naik secara tidak normal.

Beberapa olahraga yang dianjurkan untuk penderita darah tinggi adalah bersepeda, yoga, berenang, joging, jalan jalan santai dan lain sebagainya yang tak terlalu berat.