7 Tips Menghindari Gaya Hidup Konsumtif
Memang benar bahwa hidup sederhana lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Kebanyakan orang begitu sibuk dengan kehidupan mereka sendiri dan barang-barang materi yang mereka butuhkan untuk merasa nyaman, sulit bagi mereka untuk membayangkan hidup tanpa hal-hal seperti televisi, akses internet, dan mobil.Tapi ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghindari gaya hidup konsumtif sambil tetap menikmati semua manfaat tersebut! Kiat-kiat berikut akan membantu Anda mengambil langkah pertama menuju gaya hidup yang lebih sederhana dan bahkan mungkin menginspirasi orang lain untuk melakukan hal yang sama.

1. Kenali Manfaat dari Mengkonsumsi Lebih Sedikit

Ketika Anda sudah merasa membutuhkan semuanya, mungkin itulah saatnya Anda untuk mundur selangkah dan meninjau apa yang benar-benar penting dalam hidup. Ada banyak aspek bermanfaat untuk hidup sederhana, termasuk lebih banyak waktu luang dan berkurangnya stres. Penting untuk diingat bahwa semua yang Anda miliki adalah bagian dari diri Anda. Jika harta benda Anda mengambil alih hidup Anda, mungkin inilah saatnya untuk membuat beberapa perubahan!

2. Singkirkan Barang-barang yang Tidak Anda Butuhkan

Langkah pertama menuju hidup sederhana adalah menyingkirkan barang-barang yang tidak perlu di rumah Anda! Anda tidak perlu pergi berbelanja dulu, alih-alih, mulailah memeriksa barang-barang Anda dan mengeluarkan semua yang tidak Anda gunakan.

3.Kurangi dan Gunakan Kembali

Langkah selanjutnya adalah melihat hal-hal yang layak untuk disimpan. Jika barang tersebut adalah sesuatu yang Anda gunakan sepanjang waktu, mungkin lebih baik untuk menyimpannya, tetapi jika tidak, inilah saatnya untuk mencoba mengurangi untuk membeli barang yang sejenis.Berkreasilah dengan barang-barang lama! Alih-alih membuang sebuah kursi yang terlihat tua, cobalah untuk kembali mengecat kursi tersebut dan digunakan kembali.

4. Kurangi Konsumsi Kertas Anda

Rata-rata orang mengkonsumsi 122 pon kertas setiap tahun, tetapi kabar baiknya adalah Anda dapat mengurangi jumlah ini dengan beberapa perubahan kecil pada cara Anda menggunakan produk kertas.Bawalah tas yang dapat digunakan kembali saat berbelanja atau makan di luar untuk menghindari kantong kertas atau pembungkus, dan daur ulang jika memungkinkan. Jika Anda menggunakan produk kertas, cari cara untuk menggunakannya kembali daripada membuangnya. Daur ulang koran bekas untuk membuat bahan kemasan atau bungkus kado, dan ubah handuk kertas bekas menjadi lap pembersih atau perlengkapan kerajinan.Dengan beberapa perubahan kecil dalam rutinitas harian Anda, Anda dapat sangat mengurangi jumlah kertas yang Anda lalui dalam setahun!

5. Gunakan Perangkat Lunak yang Gratis

Penggunaan perangkat lunak open source menjadi lebih luas dari hari ke hari. Banyak perusahaan sekarang menawarkan alternatif perangkat lunak open source yang gratis untuk rekan-rekan mereka. Anda masih dapat beralih ke perangkat lunak open source dan mengurangi biaya yang anda keluarkan untuk perangkat komputer Anda. Pilihan beberapa perangkat lunak open source populer termasuk GIMP (untuk mengedit gambar), LibreOffice (alternatif gratis untuk Microsoft Office) dan OOoWriter atau Bluefish (pengolah kata gratis).

6. Kurangi Dampak Terhadap Lingkungan

Sebagai konsumen, Anda memiliki kekuatan lebih dari yang Anda kira! Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi dampak aktivitas Anda terhadap lingkungan, termasuk mendaur ulang kaca, menggunakan lebih sedikit air dalam tugas sehari-hari, dan memilih opsi yang lebih ramah lingkungan saat berbelanja.Perubahan ini tidak akan terjadi dalam semalam, tetapi dengan sedikit tekad, tidak masuk akal untuk berpikir bahwa Anda dapat membuat perbedaan kecil.

7. Berbagi dengan Orang Lain

Anda dapat menggunakan beberapa barang bersama dengan orang lain. Mainan anak contohnya, begitu anak Anda sudah besar mungkin Anda bisa membagikan mainan anak tersebut kepada sahabat atau tetangga. Begitu pula sebaliknya, tetangga atau sahabat Anda bisa membagikan barang-barang mereka yang sudah tidak terpakai tapi masih berfungsi bagus untuk Anda. Sekarang setelah Anda tahu cara menghindari gaya hidup konsumtif, keluarlah dan mulailah hidup sederhana dan ingat: kekayaan sejati dalam hidup adalah waktu yang Anda habiskan bersama teman dan keluarga!