5 Penyakit yang Disebabkan oleh Virus, Selain Covid

Sejak awal tahun 2020, kita telah mengenal adanya penyakit baru yang melanda berbagai wilayah di dunia, yaitu Covid-19. Virus corona menyerang sistem pernapasan manusia secara lebih cepat, bahkan sudah menyebabkan banyak korban berjatuhan. 

Gejala umum yang muncul saat tubuh terserang virus ini adalah flu, batuk, demam, sesak nafas, bahkan gejala yang lebih parah. Ternyata, ada beberapa penyakit lain yang disebabkan oleh virus agar kita lebih berhati-hati dan menjaga kesehatan lebih ketat.

covid

1. Flu

Salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus adalah flu atau influenza yang menyerang tenggorokan, hidung dan paru-paru. Gejala umum yang biasanya muncul saat mengalami flu antara lain demam, batuk, pilek, sakit kepala hingga hidung tersumbat. 

Anda bisa mengatasi flu ringan dengan banyak istirahat, minum banyak air mineral dan mengonsumsi makanan bernutrisi, khususnya yang mengandung vitamin C.

2. Polio

Penyakit infeksi virus lainnya yang juga sering dijumpai di tengah masyarakat adalah Polio. Penyakit ini menyerang susunan saraf pusat sehingga menginfeksi sumsum tulang belakang dan selaput otak yang menyebabkan terjadinya kelumpuhan pada kaki.

3. Demam Berdarah

Gigitan nyamuk Aedes albopictus dan Aedes aegypti membawa virus dengue yang menyebabkan demam berdarah. Menggigil, sakit kepala dan bercak merah pada kulit selama 24 sampai 72 jam merupakan gejala umum yang biasanya muncul. 

Virus ini menyebabkan kadar trombosit turun dan bisa mengakibatkan pendarahan yang berujung kematian. 

4. Hepatitis

Hati merupakan bagian yang diserang oleh virus hepatitis B dan C yang kemudian menyebar melalui cairan tubuh, seperti sperma dan darah penderita. Banyak penderita hepatitis yang tidak merasakan gejala apapun hingga bertahun-tahun. 

5. HIV/ AIDS

Penyakit ini disebabkan oleh virus yang merusak sistem kekebalan tubuh dengan menghancurkan sel CD4. Gejala umum yang biasa muncul antara lain ruam kulit, nyeri sendi atau otot, demam tinggi, muntah, sakit perut, sakit kepala, sariawan dan sakit tenggorokan.

 

Banyaknya penyakit yang disebabkan oleh virus membuat kita harus lebih ketat dalam menjaga kesehatan agar tidak terjangkit oleh virus pembawa penyakit. Menerapkan pola hidup sehat dan selalu melakukan cek kesehatan merupakan antisipasi yang bisa dilakukan.