4 Jenis Penyakit Kulit yang Rentan Menyerang Masyarakat Indonesia

Kulit termasuk dalam organ tubuh terluar yang melindungi manusia, juga termasuk bagian tubuh yang paling besar, dimana terdapat indera perasa juga disana. Sebagai pelindung diri paling luar tak jarang diantaranya beragam jenis penyakit yang rentan menyerang kulit manusia. Jenis penyakit kulit ini sendiri juga cukup beragam, sebagian diantaranya dapat diobati secara mudah, namun ada juga yang sulit untuk ditangani.

penyakit kulit

Berikut ini diantaranya jenis penyakit kulit yang paling sering atau rentan menyerang masyarakat yang tinggal di iklim tropis seperti Indonesia ini, yaitu:

1.    Panu, pastinya tak asing lagi dengan jenis penyakit yang menyerang kulit ini bukan, panu sendiri pada dasarnya merupakan infeksi yang disebabkan oleh jamur. Tandanya ada kemunculan bercak berwarna terang atau agak gelap di kulit, banyak obat panu yang dijual di pasaran dan ampuh digunakan untuk mengatasi gangguan kesehatan tersebut.

2.    Kudis, kudis ini cenderung mudah menular, jika panu disebabkan oleh infeksi jamur, maka agak berbeda dengan kudis yang disebabkan oleh tungau, hewan kecil ini dapat menggigit sampai masuk kedalam lapisan kulit serta menyebabkan rasa gatal hingga ruam. Umumnya rasa gatal yang disebabkan oleh kudis ini juga luar biasa sehingga sulit untuk tidak menggaruknya, tak heran jika banyak penderitanya yang mengalami lecet pada bagian kulit yang terkena kudis.

3.    Kadas, dikenal juga sebagai kurap yaitu merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur, gejalanya sendiri adalah kulit yang mengalami kemerahan dengan bentuk melingkar layaknya cincin di bagian luar tidak beraturan, akan timbul rasa gatal disana. Bahkan jika kondisinya sudah cukup parah maka akan melepuh sampai dengan terdapat nanah disana.

4.    Kusta, penyakit kusta ini dapat menyerang kulit, mata sampai dengan saluran pernapasan manusia, ia disebabkan oleh infeksi bakteri, gejala utamanya adalah muncul luka yang berwarna pucat atau benjolan di kulit yang tidak kunjung hilang.

Waspadai jika seandainya Anda mulai merasakan gejala penyakit-penyakit kulit di atas, maka segera bawa ke dokter untuk mendapatkan pengobatan, karena jika dibiarkan akan berbahaya serta kurang nyaman.