Yuk Cari Tahu Cara Mengatasi Error Connection Refused

Jika koneksi yang dilakukan dari FileZilla ditolak oleh server maka akan menyebabkan sebuah error, biasanya akan muncul pesan “err_connection_refused”. Pada dasarnya error ini bisa saja terjadi atau disebabkan karena beberapa hal seperti masalah yang terjadi pada firewall atau antivirus atau adanya kesalahan konfigurasi pada FileZilla.

Mengatasi masalah error ini tentu saja berbeda-beda. Hal tersebut tergantung dari penyebab masalah yang terjadi. Jika kamu bingung tentang cara mengatasi error connection refused, tenang saja karena di dalam artikel ini akan dijelaskan cara mengatasinya secara lengkap.

1. Menonaktifkan Firewall dan juga Antivirus yang Ada

Perlu kamu tahu bahwa Firewall dan juga Antivirus yang terpasang di dalam perangkat kamu bisa melakukan pemblokiran FileZilla untuk membuat koneksi. Hal ini tentu saja menjadi salah satu kemungkinan yang dapat menjadi penyebab terjadinya error connection refused.

Tetapi dalam hal ini tenang saja, karena kamu bisa mengatasinya dengan cara mematikan firewall dan juga antivirus yang ada di dalam perangkat kamu. Bagi kamu yang menggunakan sistem operasi Windows, kamu bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini.

  • Masuk ke control panel.
  • Pilih menu system and security
  • Klik Windows defender firewall
  • Temukan pilihan turn Windows defender on or off
  • Matikan Windows defender firewall
  • Klik OK

Jika yang menyebabkan error connection refused yang terjadi di perangkat kamu adalah Firewall dan juga antivirus maka kamu bisa mencoba sambungan kembali dan seharusnya akan berhasil mengatasi masalah ini.

Na, apabila kamu mempunyai lebih dari 1 antivirus yang terpasang di perangkat kamu, dalam hal ini kamu harus memastikan untuk mematikannya semua jangan sampai terlewat. Jika kamu pengguna sistem operasi dari Apple, kamu bisa mengikuti beberapa langkah ini untuk mematikan firewall. 

  • Masuk ke system preference
  • Pilih menu security and privacy
  • Buka tab  Firewall
  • Klik Turn off Firewall

Jika kamu ingin mengetahui tentang cara mengatasi err connection refused dengan lengkap dan juga mudah untuk dilakukan, maka kamu bisa mengunjungi situs teknozone.id. Situs teknologi yang bisa dibilang menyediakan informasi paling lengkap seputar teknologi dan terbaik.

2. Melakukan Pergantian Port FTP dari 21 Menjadi 22

Perlu kamu tahu bahwa connection refused mempunyai arti bahwa terjadi kendala penolakan koneksi. Hal ini tentu saja bisa disebabkan karena kamu menggunakan port yang salah ketika melakukan sambungan ke server dengan menggunakan FileZilla.

Apabila server membutuhkan atau menggunakan SFTP sebagai sebuah syarat yang harus dipenuhi sebagai koneksinya, maka kamu harus melakukan pergantian port FTP dari 21 menjadi port 22.

Untuk bisa melakukan pergantian port ini sebenarnya sangat mudah, kamu hanya perlu menuliskan port 22 sebelum melakukan eksekusi koneksi.

Perlu kamu ingat juga bahwa kamu juga perlu untuk melakukan edit konfigurasi site manager dan juga mengubah protokol menjadi SFTP – SSH file transfer protocol apabila kamu akan menggunakan port 22.

3. FTP Hostname

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah atau error ini adalah dengan menggunakan FTP Hostname. Kadang kala error atau masalah ini terjadi karena penulisan hostname yang kurang tetap atau tidak benar.

Kamu bisa melakukan pergantian hostname dengan cara menambahkan ftp di depan FTP hostname supaya koneksi bisa terhubung.

Misalnya alamat domain yang kamu miliki adalah contoh.com. Silahkan kamu bisa menambahkan ftp. Di depannya sehingga menjadi ftp.contoh.com.