Trik Mudah Membuat Artikel Untuk Pemula

Di jaman sekarang ini orang-orang sudah pandai menuangkan isi pikirannya ke dalam sebuah kalimat, buktinya bisa kita lihat pada beberapa platform sosial media, tanpa disadari mereka itu sudah dapat menulis.

Namun hanya sedikit orang yang dapat membuat tulisan yang baik dan benar seperti dalam artikel. Sebab untuk menulis sebuah artikel kita harus memperhatikan beberapa aturan yang sudah ada.

Tulisan artikel khususnya artikel ilmiah sangat berdampak dan memberikan banyak manfaat kepada para pembacanya. Sebab isi dari artikel ilmiah yaitu berupa fakta-fakta yang ditemukan melalui penelitian dan analisa dari penulis.

Jika kalian berkeinginan untuk membuat artikel  yang baik dan sesuai aturan, maka kali ini kita akan belajar belajar bagaimana sih cara membuat artikel yang baik dan tentunya menarik dibaca? Yuk simak penjelasannya sampai habis ya sob!

Cara Membuat Artikel untuk Pemula

Sebagai pemula tentu sangat wajar ketika menemukan kebingungan atau stuck dalam proses membuat suatu artikel. Namun dengan begitu kita tidak boleh menyerah, sebab dengan seringnya kita menulis maka kemampuan menulis kita akan semakin jago, berikut adalah cara membuat artikel untuk pemula:

1. Menentukan Topik/Tema

Dalam proses pembuatan artikel yang pertama yang harus diperhatikan yaitu menentukan atau memilih topik. Ambilah topik pembahasan yang sesuai dengan kemampuan kalian, agar nantinya dalam proses membuat tulisan kalian tidak begitu mengalami kesulitan. Pastikan juga topik yang kalian ambil topik yang sedang hangat dibicarakan pada masanya.

2. Membuat Judul

Buatlah judul berdasarkan topik yang sudah kalian ambi, pastikan judul jangan terlalu panjang serta rumit. Buatlah semenarik mungkin agar pembaca tertarik ingin membaca tulisan kalian.

3. Singkat Padat dan Jelas

Jadi dalam isi tulisan artikel yang kalian buat pastikanlah isinya itu berbobot dan sesuai dengan topik dan judul yang kalian ambil, agar pembahasan artikel itu tidak melenceng. Fokuslah pada titik-titik penting karena artikel yang baik itu artikel yang memiliki kalimat efektif dan kalimatnya bukan kalimat yang berulang-ulang.

 

Akhir Kata

Setiap orang mempunyai kemampuan yang berbeda, namun ketika kita mempunyai keinginan yang besar maka kegiatan menulis sangatlah mudah untuk dilakukan. Semoga pembahasan mengenai cara pembuatan artikel untuk pemula dapat bermanfaat.

Terima kasih

Baca Juga: Jasa Pembuatan Artikel Jurnal Ilmiah; SINTA