More

Tips Jitu Dapat Beasiswa LPDP

By Admin Ext December 3, 2022 2 Min Read

Para mahasiswa tentu sudah tidak asing lagi dengan beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan). Beasiswa yang satu ini begitu diminati oleh banyak mahasiswa dikarenakan persaingan yang banyak, pembiayaan yang tinggi, dan lain sebagainya.

Karena hal tersebut tentu tidak mudah ya untuk bisa lolos LPDP. Tapi kamu tidak perlu khawatir karena disini akan memberikan beberapa tips jitu yang bisa kamu terapkan untuk memperluas pintu mendapatkan beasiswa LPDP. Berikut ini beberapa tipsnya.

1. Minimal Pilih 3 Kampus Tujuan

Kamu bisa memilih minimal 3 kampus tujuan untuk melanjutkan studi ke luar negeri. Pilihan 3 kampus ini begitu penting karena kamu harus memiliki cadangan kalau tidak diterima di kampus utama. Jangan sampai beasiswa yang kamu dapatkan hangus hanya karena kamu memilih satu kampus tujuan saja.

2. Cari Tahu Kemampuan Apa yang Kamu Punya

Kamu pastinya mengetahui bahwa setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, termasuk kamu. Ya, sebelum kamu memutuskan untuk mengikuti program beasiswa LPDP maka ada baiknya ketahui terlebih dahulu kemampuan apa yang kamu miliki.

Jangan anggap remeh hal ini karena akan sangat berpengaruh ke kampus apa yang akan kamu pilih nantinya.

3. Membuat Rencana Pendaftaran Beasiswa

Tips selanjutnya yang perlu kamu terapkan adalah membuat perencanaan mengenai pendaftaran beasiswa. Jangan melewatkan step yang satu ini karena dengan melakukannya maka kamu akan termotivasi dengan membuat cover letter serta mengirim aplikasi beasiswa.

4. Cari Informasi Sebanyak-banyaknya Mengenai Beasiswa dan Kampus Tujuan

Mencari informasi sebanyak-banyaknya adalah hal yang begitu penting agar kamu tidak kaget atau salah pilih kampus. Carilah informasi tentang beasiswa dan kampus tujuan dari jauh-jauh hari.

Kalau kamu jarang mencari informasi maka hal yang ditakutkan adalah kamu ketinggalan informasi seputar pendaftaran beasiswa dan juga kampus yang diinginkan. Beruntungnya sekarang ini mencari informasi bisa dilakukan dengan begitu mudah, kamu hanya perlu mencari informasinya dari internet. Atau kamu juga bisa menanyakan informasi seputar LPDP ke komunitas atau teman yang sudah lolos LPDP.

5. Mengikuti Les untuk Mengisi Kekurangan yang Dimiliki

Dan yang terakhir adalah kamu perlu mengikuti les mengenai kekurangan apa yang kamu miliki. Setelah tadi kamu tahu apa saja kemampuan yang kamu punya, maka ikuti kursus belajar atau les mengenai pelajaran apa saja yang belum kamu mengerti. Dengan demikian kekurangan kamu pun akan diasah dan menjadi kelebihan. Jangan ragu untuk bertanya kepada mentor mengenai pelajaran yang belum dimengerti.

 

Nah, demikian penjelasan mengenai 5 tips dapat beasiswa LPDP yang dilansir dari TambahPinter.  Teruslah bersemangat dan gapai impianmu, semoga informasi ini bermanfaat ya!

Sumber: TambahPinter

C