Teknik Mudah Menghapus Noda Pada Sepatu? Begini Caranya

Mencuci sepatu tak semudah mencuci pakaian biasa yang hanya di kucek, bilas, lalu dijemur. Bahan pembuatan sepatu juga termasuk sensitive, sehingga teknik pencucian nya tidak boleh sembarangan. Kalian juga dapat menggunakan jasa laundry sepatu seperti cuci sepatu makassar apabila memiliki cukup budget. Berikut ini adalah teknik manual mencuci sepatu dari berbagai bahan yang bisa diterapkan untuk mengurangi pengeluaran.

 

1. Sepatu Bahan Kanvas

Dengan menggunakan bahan ini, para pengrajin dapat membuat berbagai jenis model sepatu seperti flat shoes, high heels, sneakers dan masih banyak lagi. Ketika sepatu dengan bahan ini kotor akibat lumpur, tunggu saja hingga lumpur tersebut mongering kemudian baru dibersihkan. Untuk kotoran selain lumpur, gunakanlah cara ini:

Bersihkan bagian upper sepatu, jangan lupa lepas dahulu tali sepatunya. Hilangkan noda dengan cara menyikat menggunakan sikat halus yang telah dicelupkan ke dalam sabun sepatu. Untuk pencucian sepatu bahan kanvas ini, kalian dapat menyikat dengan dua arah tetapi tetap ingat untuk jangan terlalu keras saat menyikatnya. 
Ketika kalian mendapati sepatu kanvas tersebut sangat kotor, gunakanlah deterjen biasa untuk mencucinya. Jangan gunakan pemutih karena dapat membuat warna pada sepatu luntur. Sehabis disikat, langsung bilas memakai air hangat dan mengeringkannya dengan handuk mikrofiber. Disarankan untuk mengeringkan sepatu dengan sinar matahari tetapi hanya sebentar saja, jangan biarkan sepatu dengan keadaan sepatu yang lembab akibat diletakkan didalam ruangan tanpa angin ataupun udara dapat membuat sepatu memiliki bau tak sedap. 

2. Sepatu Bahan Beludru

Sepatu dengan bahan ini memang terbilang susah dibersihkan sebab sepatu ini memiliki sifat yang gampang menyerap sehingga noda akan lebih mudah menempel. Jika sudah terkena noda, yang harus segera dilakukan adalah mencuci sepatu tersebut. Seperti ini lah langkah untuk mencucinya.

Kalian dapat membersihkan noda yang kering seperti bekas air bahkan pasir dengan menggunakan suede stain eraser dengan cara mengusapkan karet penghapus ini ke bagian sepatu yang terkena noda hingga muncul remahan dari karet penghapus. 
Jika ingin lebih bersih, semprot sepatu dengan air kemudian sikat bagian yang terdapat noda dengan sikat gigi yang halus. Gosok noda menggunakan kain putih yang telah diberi sedikit cuka, apabila noda tersebut berasal dari minyak, taburkan sedikit bedak sebelum digosok. 
Setelah selesai proses pembersihkan, berikan cairan yang umumnya terbuat dari minyak kelapa agar tekstur pada sepatu tidak mengalami kerusakan. Kemudian angin-anginkan sepatu serta semprot pewangi khusus lalu tunggu hingga kering sempurna.

 

3. Sepatu Bahan Kulit

Sebab harganya yang mahal dan bahan yang sensitif, sepatu dengan bahan ini memiliki perawatan yang sedikit berbeda dengan sepatu yang lain. Hati-hati saat mencuci sepatu ini, ikuti saran berikut.

Gunakan campuran antara air dingin dengan cuka putih untuk menghilangkan kotoran.  Pakailah kain lembut yang telah dicelupkan sedikit ke dalam cairan cuka, lalu usap perlahan bagian sepatu yang terdapat noda. Untuk mengeringkan sepatu ini tak perlu dijemur, cukup diangin-anginkan saja.

 

Membersihkan sepatu bukan lagi kegiatan yang sulit setelah membaca teknik di atas kan? Selain menghemat pengeluaran, mencuci sepatu sendiri dengan cara yang manual juga akan lebih bersih karena kalian sendirilah yang membersihkan noda. Jangan lupa untuk selalu melepas tali sepatu sebelum melakukan proses pembersihan sepatu. Hal tersebut bertujuan supaya cairan pembersih tidak membekas pada bagian yang sempit tersebut.