More

Cara Edit Video di Laptop dengan Aplikasi Gratis

By Admin Ext November 25, 2022 3 Min Read

Bagi seorang content creator, graphics designer, editor video dan lainnya, kemampuan editing tentu sangat diperlukan. Apalagi untuk kamu yang masih awam atau pemula dalam melakukan aktivitas editing video. Selain melakukan editing di handphone, kamu juga perlu mengetahui cara edit video di laptop, sebab dengan media laptop akan memudahkan kamu dalam proses editing.

Tidak harus dengan skill editing yang tinggi, kamu juga bisa melakukan proses editing dengan mudah menggunakan aplikasi yang dapat digunakan oleh pemula sekalipun. Simak pembahasan pada artikel kali ini hingga akhir untuk mengetahui penjelasan lebih lanjutnya!

 

Cara Edit Video di Laptop

cara-edit-video-di-laptop

Untuk melakukan proses editing tentunya kamu perlu memiliki tempat atau media yang akan kamu gunakan untuk melakukan aktivitas tersebut, yakni dengan melalui media laptop. Selain itu, kamu juga perlu mengetahui apa saja aplikasi yang mumpuni untuk melakukan proses editing tersebut.

Berikut ini beberapa aplikasi dan cara edit video di laptop yang bisa kamu ikuti :

1. Menggunakan Windows Movie Maker

Cara edit video di laptop yang pertama ialah dengan menggunakan windows movie maker yang sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

  • Pertama dengan membuka perangkat laptop dulu.
  • Klik menu start lalu cari aplikasi photos.
  • Masuk ke dalam aplikasinya, pilih menu video editor.
  • Lalu klik new video project.
  • Berikan nama pada video yang akan di edit.
  • Klik add untuk memasukan video.
  • Kemudian klik video, pilih new video project.
  • Dan singkat edit video sesuai keinginan.
  • Tentukan ukuran file, mulai dari 540p hingga 1080p.
  • Pilih tempat penyimpanan lalu klik export.
  • Dan selesai.

2. Menggunakan Aplikasi Adobe Premiere

Siapa yang tidak kenal dengan aplikasi adobe premiere? Aplikasi satu ini sangat populer dalam dunia editing. Penawaran yang diberikan membuat banyak pengguna memilih untuk menggunakan aplikasi ini, fitur yang ditawarkan lengkap dengan memberikan hasil edit video yang sangat memuaskan. Tidak hanya itu, adobe premiere ini dilengkapi dengan banyak tools menarik dan tanpa adanya watermark.

3. Menggunakan Aplikasi Openshot

Untuk kamu seorang yang masih pemula dalam dunia editing, aplikasi Openshot ini dapat menjadi permulaan kamu. Memiliki sistem operasi yang cukup mudah untuk dipelajari serta ukuran penyimpanan yang tidak besar. Openshot ini memiliki fitur yang menarik seperti animasi, teks, efek transisi, snapping, dan lainnya.

4. Menggunakan Aplikasi Avidemux

Aplikasi Avidemux ini ialah aplikasi editing video yang dapat dipakai sebagai cara edit video di laptop dengan cukup mudah dan berkualitas. Aplikasi ini juga menghasilkan editan video yang memuaskan, apalagi aplikasi ini dapat diakses secara gratis. Memiliki fitur yang beragam dan menarik, dengan begitu kamu dalam menghasilkan video yang berkualitas dan sesuai dengan keinginan kamu.

5. Menggunakan Aplikasi HitFilm Express

Tidak hanya melakukan proses editing, kamu bisa menggabungkan dua video yang berbeda dengan menggunakan aplikasi HitFilm Express ini. Selain itu, kualitas gambar yang ada dapat diatur hingga FHD. Cara edit video di laptop dengan menggunakan aplikasi HitFilm Express ini juga pas bagi seorang pemula.

6. Menggunakan Aplikasi Lightworks

Kemudian ada pula aplikasi Lightworks yang akan pas untuk digunakan oleh para pemula. Fitur yang ada di dalam aplikasi ini sangat mudah untuk dipahami dan dipelajari, tidak hanya itu, kualitas hasil videonya juga memuaskan seperti hasil editan profesional.

7. Menggunakan Aplikasi Final Cut Pro

Selanjutnya ada pula aplikasi Final Cut Pro yang dapat kamu gunakan untuk mengedit video. Aplikasi ini memiliki banyak tools yang dapat dipakai dan cocok untuk dipakai dalam proses editing video singkat. Kapasitas penyimpanannya pun tidak perlu kamu khawatirkan, sebab tidak terlalu besar.

 

Jasa Dokumentasi Video Jogja

Jika kamu tidak mau diribetkan dengan proses editing yang memakan waktu cukup lama, kini hadir jasa dokumentasi video jogja yang dapat membantu kamu dalam mendapatkan hasil video yang memuaskan tanpa harus ribet membuat video dan editingnya. Jasa dokumentasi video jogja ini menawarkan jasa video sekaligus dengan editing yang akan dilakukan oleh tim-tim profesional dan berpengalaman dalam bidangnya.

 

Itu dia beberapa penjelasan mengenai cara edit video di laptop, aplikasi di atas dapat kamu gunakan untuk melakukan editing video di laptop. Sampai sini dulu pembahasan kita semoga dapat membantu sekaligus menambah pengetahuan kamu, selamat mencoba!

U
T