More

Apa itu PBN atau Private Blog Network

By Admin Ext October 14, 2022 3 Min Read

PBN atau private blog network merupakan salah satu teknik di dalam SEO. PBN sendiri juga berfungsi sebagai optimasi sebuah laman website. Ketika kalian masuk atau ikut di dalam komunitas maupun forum forum yang berkaitan dengan SEO maka PBN bukanlah hal yang asing lagi. Di dalam SEO Private blog Network merupakan rangkaian atau langkah langkah optimasi website yang termasuk ke dalam bagian SEO off page. 

SEO off page dipergunakan untuk dapat meningkatkan trafik website atau artikel utama kita. Artikel utama biasanya disebut sebagai SEO on page atau bisa juga disebut dengan Moneysite. 

private blog network

Nah jadi PBN ini dibuat dengan cara menambahkan tautan menuju ke link website utama kita atau Moneysite. Dengan menambahkan tautan pada beberapa website PBN maka akan berpengaruh terhadap Moneysite kita. 

Hal itu juga lah yang dapat meningkatkan nilai SERP dan rating pada website utama kita nantinya. Meskipun demikian ada banyak sekali perdebatan tentang PBN. Hal ini dikarenakan PBN dianggap melakukan manipulasi terhadap mesin pencarian. Akan tetapi teknik ini masih banyak digunakan tidak lain karena menyebabkan peningkatan yang sangat signifikan. 

Pengertian mengenai PBN

PBN dapat dikatakan sebagai sebuah website yang nantinya akan dipergunakan untuk memasang tautan ke website utama yang kita miliki. 

Tujuan menggunakan teknik PBN adalah meningkatkan rating pada website utama. Selain itu PBN juga dapat meningkatkan trafik kunjungan di website utama kita. Sehingga dapat membuat laman website utama kita perlahan masuk ke nomer satu dalam mesin pencarian. 

Pada umumnya PBN dilakukan dengan menggunakan website website yang sudah expired namun sudah pernah masuk kedalam sebuah mesin pencarian. 

Namun tidak semua website yang sudah expired bisa di jadikan sebagai PBN di karenakan biasanya website website yang sudah expired itu disebabkan karena melanggar peraturan google. Dengan kata lain ada kemungkinan jika akan terkena pelanggaran untuk kedua kalinya lagi. 

Pro dan Kontra PBN

Di dalam penggunaannya PBN dinilai sangat efektif karena bisa dengan mudah meningkatkan trafik pada website utama kita, hal itu juga dikarenakan reputasi dari PBN yang kita gunakan.  Namun menurut sisi pandang yang berbeda PBN dinilai sangat kontroversi di karenakan dianggap memanipulasi mesin pencari dengan sedemikian rupa. 

Seperti yang kita ketahui dari Webmaster bahwa segala jenis tindakan seperti memasang tautan dengan tujuan untuk memanipulasi peringkat serp dapat dinyatakan sebagai sebuah pelanggaran oleh pedoman Google itu sendiri. 

Di karenakan ada banyak nya pro dan kontra mengenai PBN. Maka dapat disimpulkan bahwa menggunakan teknik PBN memiliki keuntungan dan resiko nya sendiri. 

Keuntungan Menggunakan PBN

PBN sendiri sampai saat ini masih sering digunakan dalam teknik optimalisasi sebuah situs atau website. Terlepas dari banyak nya pro dan kontra yang ada. Selain itu juga banyak yang menyediakan jasa backlink pbn.

PBN dapat dijadikan sebagai sebuah situs untuk menaruh tautan ke moneysite atau website utama kita. Dengan cara menempatkan keyword serta anchor yang tepat di tambah dengan reputasi baik yang dimiliki oleh PBN, maka semua tautan tersebut juga akan berdampak sangat baik. 

Hasilnya adalah website utama yang kita miliki akan mengalami kenaikan trafik dan perlahan juga meningkatkan ranking SERP. 

Kekurangan Menggunakan PBN

Setiap ada keuntungan juga ada kekurangan di dalamnya. Nah berikut ini adalah beberapa kekurangan atau bisa dikatakan sebagai sebuah kerugian menggunakan PBN. 

1. Terkena pelanggaran

Alih alih mendapatkan peningkatan tracking. Dikarenakan melanggar pedoman Google website utama bisa saja terkena pelanggaran yang mengakibatkan penurunan ranking SERP nya

2. Tautan akan diabaikan

Perlu kalian ketahui bahwa teknologi yang dimiliki oleh google juga semakin membaik. Hal itu akan menyebabkan semua tautan yang kalian buat di dalam PBN tidak akan dianggap natural nantinya dan tidak akan berpengaruh pada website utama. 

3. Biaya

Teknik PBN tentu membutuhkan banyak dana. Mulai dari membeli jasa backlink PBN atau bisa juga dengan membeli domain atau website yang sudah pernah masuk ke indeks google. 

4
A